Vitamin Anak Sehat Dan Cerdas

Vitamin Anak Sehat Dan Cerdas

Maduantariksa.net – Sebagai orang tua tentu kita menginginkan yang terbaik untuk anak, termasuk dengan memberikan vitamin anak untuk daya tahan tubuh agar mereka kebal terhadap penyakit. Vitamin anak sangat berguna untuk penunjang kesehatan anak, Terutama untuk anak yang masih di bawah umur masih sangat banyak membutuhkan vitamin untuk masa tumbuh berkembang. Vitamin anak untuk membantu pertumbuhan anak bisa juga anda menambahkanya dengan madu, karna madu memiliki kandungan senyawa seperti  protein, asam amino, enzim, asam-asam organik, mineral, tepung sari bunga, sukrosa, maltosa, melezitosa dan oligosakarida.

Vitamin Anak Untuk Daya Tahan Tubuh

Kita sadari kenyataan bahwa sistem kekebalan tubuh balita akan terus berkembang, beradaptasi dan memperkuat diri sebagai respon terhadap faktor eksternal (lingkungan). Paparan terhadap kuman membantu sistem kekebalan tubuh belajar bagaimana mempertahankan diri dan membangun ketahanan terhadap infeksi. Makanan yang mereka makan akan membantu mendukung terbentuknya kekebalan alami tubuh, sehingga mereka dapat melawan penyakit secara efektif.

Sebagai orang tua, kita dapat mendukung berkembangnya sistem kekebalan tubuh anak dengan cara menyediakan diet yang sehat dan seimbang. Ada berbagai macam makanan kaya nutrisi, serta sumber yang baik untuk daya tahan tubuh ank, salah satu contoh prebiotik.  (mediskus) Prebiotik akan membantu membangun kekebalan tubuh anak dan memberikan kontribusi terhadap kesehatan jangka panjang. Adapun vitamin anak dan zat lain yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh antara lain: zat besi, zinc, vitamin D, vitamin C dan Vitamin A.

Apakah Vitamin Wajib Bagi Anak ?

Sebelum membahas lebih jauh tentang perlu tidaknya suplemen bagi anak, sebaiknya orangtua tahu lebih dulu apa sebenarnya fungsi vitamin bagi tubuh. Vitamin, bersama dengan mineral, diperlukan dalam jumlah yang sangat kecil oleh tubuh
Hanya saja, asupannya harus teratur dan dalam jumlah yang pas, agar tubuh dapat tumbuh dan berfungsi secara optimal. Vitamin berperan dalam proses biologis seperti pertumbuhan, proses pencernaan, kesigapan mental dan ketahanan tubuh terhadap infeksi.
vitamin berfungsi sebagai katalis untuk metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Sebagian besar jenis vitamin memang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh, kecuali vitamin K yang dibuat oleh bakteri baik dalam usus. Jadi, vitamin lain memang harus diambil dari luar. Perlu ditekankan di sini.
Dari penjelasan di atas, tentunya dapat diambil kesimpulan, pemberian suplemen tidak wajib bagi anak. Suplemen hanya diberikan jika memang si anak membutuhkannya.

READ  Vitamin Anak dan Cara Memilihnya

Berikut ini tanda-tanda bahwa memang si anak membutuhkan suplemen.

  • Tidak memperoleh asupan vitamin yang cukup

    seperti bayi prematur atau Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), anoreksia akibat suatu penyakit, pembatasan diet, atau kondisi lingkungan yang defisien. Sedang sakit.

  • Ketika sakit

    tubuh si anak memerlukan lebih banyak zat gizi daripada biasanya. Di sisi lain, nafsu makan anak yang sakit cenderung berkurang. Akibatnya, asupan gizinya (termasuk vitamin) berkurang. Pada kondisi seperti itu, tubuh anak perlu dibantu dengan memberikan suplemen vitamin. Beberapa kondisi khusus yang memang benar-benar memerlukan suplemen adalah : luka bakar, trauma, infeksi menyeluruh, penyakit kronis, kanker, dll.

  • Baru sembuh dari sakit

    Bila kondisi kesehatan anak sudah membaik, pemberian suplemen sebaiknya dikurangi. Penghentian pemberian dapat dilakukan jika anak sudah benar-benar sehat dan selera makannya kembali normal.

Tips Memilih Suplemen Yang Baik Dan Aman

Memberikan suplemen vitamin yang sesuai dengan kebutuhan anak. Contohnya :

  • bila anak kekurangan vitamin D, berikanlah vitamin D. Karena itu, sebelum memberikan vitamin, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.
  • Jangan sembarangan memberikan suplemen vitamin pada bayi tanpa rekomendasi dokter, terutama yang berusia kurang dari 6 bulan. Jika si bayi mendapat ASI eksklusif dari ibunya, hampir dapat dipastikan si bayi tidak memerlukan suplemen vitamin. ASI sendiri sudah mengandung berbagai vitamin dan mineral yang lengkap.
  • Jangan memberikan dosis suplemen yang melebihi angka kecukupan gizi (RDA/Recommended Daily Allowance), meskipun kelebihan itu hanya untuk satu jenis vitamin atau mineral. Idealnya, kandungan suplemen multivitamin itu lebih rendah dari AKG (angka kecukupan gizi). Bagi anak batita, suplemen multivitamin yang berbentuk cair lebih aman diberikan karena tablet kunyah berpotensi membuat anak tersedak.
  • Jangan sekali-kali berbohong kepada anak dengan mengatakan suplemen vitamin sebagai permen, karena ini akan mendorong anak ingin mengkonsumsi semaunya.
  • Periksa tanggal kadaluarsa, izin BPOM, dan Depkes. Selain itu, perhatikan kandungan produk yang tertera di dalam setiap kemasan karena banyak produk yang menggunakan bahan pemanis, pewarna, dan pengawet yang kurang baik.

Vitamin Anak Yang Disarankan

vitamin atau suplemen untuk anak yang baik adalah salah satu faktor utama untuk mengoptimalkan kinerja tubuh anak. Namun kebanyakan dari kita belum sadar bahwa vitamin untuk anak yang dikhususkan adalah suplemen anak terbaik dan akan memberikan nutrisi yang cukup agar  fungsi tubuh bekerja lebih baik. Madu Antariksa bisa menjadi alternatif solusi bagi anak Anda.

vitamin anak madu antariksa

  • Madu Antariksa cairan madu kental dan memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah ditelan anak dengan usia di bawah 12 tahun. Dibandingkan dengan vitamin anak dengan bentuk tablet/kapsul yang lebih sulit ditelan bagi anak-anak.
  • Menggunakan bahan alami khasiat tinggi dengan ekstrak Madu,Temulawak,Gamat dan Albumin dengan tingkat kelarutan yang baik, sehingga mudah terserap tubuh dengan baik.
  • Komposisi tebesar dalam Madu Antariksa adalah Madu,Temulawak,Gamat dan Albumin sangat disarankan untuk anak dan juga balita karena bisa meningkatkan nafsu makan dan untuk batuk, pilek dan demam, serta memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.
  • Madu Antariksa dikombinasikan dengan madu alami dengan rasa manis yang tentu saja disukai anak-anak.
  • Sudah melalui Proses Pemurnian dan Sterilisasi Madu sehingga aman bagi anak dan tidak menyebabkan diare.
  • Kandungan Albumin meningkatkan imunitas/daya tahan tubuh anak terhadap serangan bakteri, virus dan jamur sehingga anak tidak mudah sakit.
  • Tidak menggunakan bahan 3P (Pengawet, Pewarna dan Perasa) serta tidak menjadikan ketergantungan dan aman tanpa efek samping.
  • Madu antariksa mendapatkan ijin dari Depkes (Departemen Kesehatan) : DEPKES P-IRT 209327510529

Dosis Pemakaian

Anak usia 1-12 tahun : 1-2 sendok makan 2x sehari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat