Menu Makanan Sehat Untuk Gemuk Anak

Menu Makanan Sehat Untuk Gemuk Anak

Mempunya anak yang gemuk adalah dambaan semua orang. Biasanya anak yang gemuk menandakan bahwa kebutuhan akan nutrisinya tercukupi dengan baik. Tetapi anak yang kurus juga belum tentu kekurangan nutrisi. Bisa jadi anak kurus terjadi karena faktor keturunan atau susah untuk makan.  Berikut adalah daftar menu makanan sehat yang efektif untuk meningkatkan berat badan anak,

  1. Sup Sayuran Hijau

sayuran
sayuran hijau

Sayuran hijau sangat penting karena mengandungzat yang sangat penting bagi pertumbuhan seperti zat besi, vitamin C dan juga mineral seperti kalium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.  Sayuran hijau yang biasanya dibuat sup adalah brokoli, kembang kol, sawi, kubis dll.

  1. Buah- Buahan

buah-buahan

Buah memang sangat baik, buah yang  berwarna cerah mengandung vitamin A yang tinggi dan berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. Selain itu buah juga memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Buah yang berwarna cerah dan baik untuk meningkatkan kekebalan antara lain tomat, wortel, pepaya, labu, jeruk, dll.

  1. Olahan Ikan

Olahan ikan sangat baik bagi anak yang kurang gizi. Protein yang terdapat pada ikan sangat baik untuk meningkatkan fungsi otot dan tulang. Selain itu ikan juga mengandung lemak sehat seperti omega 3 yang baik untuk meningkatkan kecerdasan anak. Mengkonsumsi ikan secara teratur sangat baik untuk menyehatkan sistem syaraf dan mata anak. Jenis ikan yang sangat baik bagi anak antara lain salmon, nila, lele, sarden, tuna dan ikan gabus.

Ikan dapat dijadikan berbagai menu makanan

  1. Semua Olahan Keju

Keju mengandung nutrisi yang sangat pening seperti vitamin D, kalsium, protein, lemak dn fosfor. Nutrisi ini sangat baik untuk pertumbuhan tulang agar menjadi lebih sehat.  Keju dapat dicampurkan dengan roti, camilan atau bahkan sayuran.

  1. Sereal dan Buah Berry

sereal

Buah berry mengandung vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh anak. Buah berry antara lain stroberi, cerry, blackcuren dll.  Sereal juga mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan anak. Namun jika anak sedang menderita diare dan gangguan penyerapan serat maka jangan berikan sereal.

READ  Alasan Memilih Madu Gemuk Anak

  1. Menu Makanan Tinggi Protein

Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perembangan anak. Jenis makanan yang mengandung protein tinggi antara lain ikan salmon, ikan tua, daging ayam, daging bebek, telur, ikan lele, dan semua jenis olahan kedelai.

  1. Olahan Telur

raw eggs isolated on white background

Telur memang makanan yang tinggi protein. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang dapat merangsang pertumbuhan otak dan sistem syaraf atau meningkatkan fungsi otak. Telur juga dapat dicampurkan berbagai macam makanan sperti tumis, nasi goreng, sup, bubur, kue dll.

  1. Selai Kacang

Kacang tanah memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal. Kacang juga mengandung protein. Biasanya  selai kacang lebih efektif untuk meningkatkan berat badan karena suda dicampur dengan bahan-bahan lain seperti minyak kelapa, gula dan garam. Anda bisa menambahkan selai kacang pada camilan anak, roti, dll.

  1. Olahan biji-bijian

biji-bijian

Biji-bijian yang sudah diolah atau diproses sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Biji-bijian yang sudah diolah antaralain roti gandum, oatmeal, sereal, beras. Olahan dari beras sangat banyak variannya seperti nasi, nasi goreng, lontong, gendar, nasi kuning, nasi uduk dll.

Bagi yang mempunyai anak yang susah makan bisa juga diberikan vitamin/suplemen/madu gemuk anak agar nafsu makan anak meningkat. Sehingga kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya dapat terpenuhi dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat ya bun 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *