Makanan untuk Anak Demam

Makanan untuk Anak Demam

Maduantariksa.net – Obat demam anak paling efektif merupakan cara yang sering di inginkan oleh setiap orang, namun kali ini kita akan merangkumnya dengan makanan atau bisa di sebut juga dengan makanan untuk anak yang demam.

Minum obat ketika demam biasanya hanya dilakukan dalam kondisi yang sangat terpaksa atau berhubungan dengan jenis penyakit yang sudah diketahui.

Obat demam anak paling efektif dengan makanan

Memang ada beberapa jenis obat demam anak paling efektif yang bisa ditemukan dengan mudah tanpa memerlukan resep dokter. Namun sebenarnya ada obat alami untuk demam yaitu makanan. Berikut ini adalah berbagai jenis makanan yang bisa membantu menyembuhkan demam :

1. Bubur

Bubur nasi memang sangat baik untuk membantu menurunkan demam dengan cepat. Bubur nasi untuk mengatasi demam sebaiknya memang terbuat dari nasi murni dengan sedikit tambahan seperti bawang putih, bawang merah dan sedikit garam. Hindari menambahkan santan karena santan akan membuat organ pencernaan menjadi tidak nyaman. Mengapa Anda harus makan bubur ketika demam? Bubur memang sangat lunak dan membantu pencernaan menyerap kebutuhan nutrisi manusia dengan cepat. Ketika bubur bisa dicerna dengan mudah maka bisa membantu tubuh untuk mendapatkan sumber energi dan tubuh pulih dengan cepat.

2. Sayuran Kukus

Obat demam anak paling efektif ini dengan sayuran kukus. Beberapa jenis sayuran yang sangat disarankan adalah seperti brokoli, kembang kol, kubis, sawi, dan jenis sayur persilangan lain. Semua jenis sayuran ini mengandung sulforaphane yang akan membantu tubuh melawan penyebab demam termasuk bakteri atau virus. Sayuran ini merupakan makanan yang mengandung antioksidan yang bisa membantu tubuh dalam melawan sumber peradangan atau infeksi.

Mengapa sayuran harus dikukus? Sayuran yang dimasak dengan di kukus membantu nutrisi sayuran sama sekali tidak hilang atau jika hilang hanya sedikit saja. Jadi juga membantu tubuh mendapatkan nutrisi lengkap untuk mengatasi demam dengan cepat.

3. Telur Rebus

Jika tidak bisa makan bubur atau sayuran kukus, maka obat demam anak paling efektif yaitu makan telur rebus. Telur rebus memang sangat lezat, lunak dan sama sekali tidak mengandung minyak. Anda bisa mengkreasikan telur rebus dengan sedikit garam atau kecap di atasnya. Mengapa telur rebus bisa membantu menurunkan demam? Telur rebus adalah makanan sumber makanan yang mengandung protein dan energi yang sangat luar biasa.

READ  5 Tips Penanganan Sakit Panas Pada Anak

Telur akan membantu tubuh Anda memiliki tenaga super untuk melawan penyakit atau infeksi. Selain itu, telur rebus juga mudah diterima oleh saluran pencernaan. Tapi jangan makan telur rebus jika memang memiliki alergi. Ganti dengan makanan untuk demam lainnya.

4. Kaldu Sayuran

Cairan yang terbuat dari kaldu sayuran juga bisa membantu mengatasi demam yang buruk. Kaldu alami ini bisa Anda buat sendiri dengan bahan beberapa jenis sayuran. Anda juga bisa menambahkan jahe yang akan membuat aroma kuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayuran mengandung semua jenis mineral dan vitamin yang akan membuat tubuh menjadi lebih kuat. Sementara jahe mengandung kaemferol yang bisa mengatasi sumber peradangan sehingga bisa melawan penyebab demam.

5. Sup Ayam

Sup ayam memang makanan yang lezat ketika terkena demam. Sup ayam bisa menyumbang beberapa nutrisi sekaligus seperti cairan yang melimpah, vitamin, mineral, protein dan lemak sehat. Untuk itu pastikan menggunakan daging ayam tanpa lemak, sebab lemak hanya menghambat pencernaan dan tidak menurunkan demam. Sup ayam bisa diberikan untuk penderita demam yang menghadapi gejala flu pada tahap awal.

Sup yang dicampur dengan beberapa rempah seperti lada dan kayu manis akan membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu sumber protein yang didapatkan dari ayam juga membuat tubuh mendapatkan energi sehingga bisa pulih lebih cepat.

6. Jamur

Satu mangkuk sup jamur sangat baik untuk membantu orang yang sedang terkena demam agar cepat pulih. Jamur sudah lama digunakan sebagai makanan khusus untuk mengobati demam. Kebiasaan ini banyak dilakukan di China, Jepang dan India. Jamur memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga tubuh tetap nyaman, membantu produksi sel darah putih dan membuat energi tubuh pulih kembali. Karena itulah jamur sangat baik untuk membantu tubuh ketika sedang demam.

READ  Cara Cepat Menurunkan Panas Anak

Beberapa jenis jamur yang sebaiknya dikonsumsi adalah seperti jamur shiitake. Jamur kecil asli dari Jepang ini bisa membantu tubuh ketika melawan infeksi dan mengaktifkan sel-sel darah putih. Tambahkan bawang putih untuk sup jamur untuk mendapatkan manfaat terbaik

7. Wortel

Ketika demam maka bisa makan semangkuk sup ayam yang dicampur dengan wortel. Wortel adalah sayuran yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan senyawa beta karoten pada wortel akan membantu tubuh untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang sebenarnya. Selain itu, beta karoten juga membantu tubuh untuk melawan sumber infeksi dan mendorong produksi sel darah putih. Jadi sangat disarankan untuk makan sup atau minum jus wortel untuk membantu menurunkan demam.

8. Buncis

Sayuran buncis memang sangat efektif untuk mencegah demam lebih buruk dan membantu menurunkan demam dengan cepat. Buncis tidak mengandung lemak dan memiliki nutrisi berupa serat yang sangat tinggi. Selain itu buncis juga mengandung beberapa unsur vitamin yang sangat penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan makanan yang mengandung vitamin K.

Mineral seperti mangan, zat besi, kalium, silicon dan tembaga juga sangat baik untuk membantu tubuh melawan infeksi saat demam. Bahan antioksidan dalam buncis sangat baik untuk membantu tubuh dalam melawan infeksi yang bisa menyebabkan demam. Anda bisa makan buncis dengan beberapa jenis masakan termasuk sup dan sayuran kukus.

9. Bayam

obat demam anak paling efektif ini dengan mengonsumsi bayam, bayam memang menjadi makanan yang sangat penting ketika sedang demam. Bayam mengandung beberapa jenis nutrisi yang sangat penting seperti folat, niasin, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, beta karoten, klorofilin, lutein dan mineral lain. Bayam bisa membantu menurunkan demam dengan cara mendorong sistem metabolisme berjalan dengan baik. Dengan metabolisme yang baik maka tubuh akan terasa lebih baik. Sumber energi dari beberapa nutrisi yang lain akan mudah diterima oleh tubuh. Selain itu, bayam juga bisa meningkatkan nafsu makan yang sering dialami oleh penderita demam.

READ  Mengatasi Batuk dan Pilek pada Anak

Itulah beberapa makanan yang di anjurkan untuk anak yang sedang demam, namun ada juga makan dan minuman yang di larang untuk di konsumsi oleh anak yang sedang dalam keadaan demam.

Makanan yang harus dihindari ketika demam

Ada beberapa jenis makanan yang memang tidak boleh dimakan ketika sedang demam. Berikut ini beberapa contoh jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dimakan saat demam :

  • Susu yang tidak dipasteurisasi atau susu segar. Jenis susu seperti ini mungkin masih mengandung bakteri yang bisa membuat potensi demam tidak turun atau tubuh justru terkena infeksi dari jenis bakteri lain.
  • Daging merah dan kerang. Jangan makan daging merah dan kerang karena mengandung kolesterol tinggi. Kolesterol sulit untuk masuk ke saluran pencernaan dan sering menyebabkan tubuh tidak kuat terlebih saat demam.
  • Semua jenis minuman yang mengandung soda dan bahaya kafein karena akan membuat suhu tubuh semakin tinggi. Semua jenis minuman ini akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun dan produksi sel darah putih juga menurun drastis.
  • Semua jenis makanan yang digoreng sebaiknya memang tidak dikonsumsi saat demam karena bisa menyebabkan infeksi menjadi lebih buruk. Bahaya mengkonsumsi gorengan banyak mengandung lemak jenuh yang sulit untuk diterima oleh tubuh.
  • Kue kering sebaiknya tidak dimakan saat demam karena bisa membuat tubuh tidak kebal saat melawan infeksi. Selain itu, kue kering banyak mengandung mentega, tepung padat, minyak, coklat atau susu yang bisa menyebabkan pencernaan tidak berjalan dengan baik.

Jadi berbagai jenis makanan bisa dipilih untuk dikonsumsi saat tubuh demam. Jenis makanan yang baik untuk demam adalah makanan yang mengandung nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu perhatikan untuk menerapkan cara mengkonsumsi yang benar agar manfaatnya semakin terasa.

14 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat