Mengobati Amandel Pada Anak

Mengobati Amandel Pada Anak

amandel

Peradangan amandel merupakan penyakit yang sering menyerang anak. Amandel yaitu kelenjar getah bening (limfoid) yang terlihat menonjol di sebelah kanan dan kiri tenggorokan. Sebenarnya amandel memiliki peran penting daam sistem kekebalan tubuh. Fungsi amandel adalah menghasilkan antibody untuk melawan kuman penyebab penyakit. Namun seringkali anak malah mengalami radang pada amandel anak.

Penyebab Amandel

  1. Makanan Mengandung Pengawet dan Pemanis

Makanan yang mengandung pengawet dan pemanis  merupakan penyebab radang pada amandel. Ini karena anak memang  masih rentan. Saat kekebalan tubuh menurun infeksi dari bakteri dan virus mudah menyerang. Saat dalam keadaan tersebut anak mengkonsumsi makanan yang berpengawet dan pemanis maka amandel akan cepat membengkak. Biasanya gejala ini ditandai dengan batuk, demam, dan sakit kepala.

 

  1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda juga dapat menyebabkan sakit amandel. Apalagi saat amandel sudah radang lalu mengkonsumsi minuman bersoda makan amandel akan lebih cepat berkembang dan membengkak. Amandel yang membengkak juga dapat menyebabkan saluran pernafasan terhamabat.

 

  1. Makanan Keras

Makanan yang bertekstur keras seperti kripik juga dapat menyebabkan amandel. Bukan hanya amandel tetapi juga sariawan. Makanan yang keras tersebut dapat membuat luka. Saat luka infeksi akan berkembang dan dapat masuk ke mulut dan saluran pernafasn. Maka dari itu alangkah baiknya saat memakna keripik harus berhati-hati apalagi anak-anak.

 

  1. Radang Tenggorokan

Saat tenggorokan mengalami radang dan tubuh sedang tidak sehat maka radang tesebut akan mudah menyerang meskipun amandel tersebut berfungsi untuk melawan infeksi. Saat tubuh sedang lemah atau sakit infeksi sulit dilawan sahingga amandel juga ikut mengalami radang.

 

  1. Influenza

Virus masuk ke saluran pernafasan melalui mulut dan tenggorokan. Lalu berkembang dengan pesat pada saluran pernafasan. Saat bagian tonsil atau amandel tidak mampu melawan serangan virus tersebut maka akan menyebabkan terjadinya peradangan. Peradangan pada bagian tonsil atau amandel itu yang menyebabkan sakit amandel.

READ  Merk Obat Amandel Untuk Anak Yang Bagus

Cara Mencegah Sakit Amandel

mencegah amandel
  1. Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut serta rajin menggosok gigi juga baik untuk mencegah amandel. Mulut dan gigi yang tidak dirawat akan menjadi sarang kuman dan bakteri sehingga anak akan menjadi mudah atau rentan terserang penyakit tersebut.

 

  1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Memberikan madu anak atau suplemen juga sangat membantu untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh anak. Karena saat imunitas tubuh menurun maka anak akan mudah terkena serangan virus dan bakteri. Saat amndel tidak mampu melawan serangan tersebut maka akan menimbulkan radang dan pembengkakan yang menyebabkan sakit.

 

  1. Menghindari Kontak Langsung Dengan Penderita

Virus yang menyebabkan infeksi dapat ditularkan melalui ingus, air liur, atau sbetuk dan bersin.

Untuk mencegah agar tidak tertular lebih baik menghindarkan dengan menggunakan alat mainan secara bersamaan seperti misalnya terompet. Saat anak bermain terompet secara bergantian dengan penderita amandel kemungkinan besar akan tertular melalui air liur saat meniup terompet.

 

  1. Makan Makanan Sehat

Makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Saat tubuh anak sehat maka virus dan bkteri dapat dilawan dengan baik. Pastikan juga makanan bukan hanya menyehatkan tetapi juga bersih. Makanan yang kotor kemungkinan akan membawa kuman yang menyebabkan anak mengalami sakit amandel.

Setelah kita mengetahui tentang cara mencegah amandel, berikut adalah cara untuk mengobati amandel apabila sudah terlanjur terkena sakit amandel. Ada banyak sekali cara mengobati amandel. Ada yang menggunakan bahan alami ada juga yang berbahan kimia. Namun, di sini kita hanya akan membahas yang berbahan alami karena lebih aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping.

READ  Obat Amandel Anak

Obat Amandel

  1. Madu

Madu memang rasanya manis dan memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Kandungan bahan-bahan yang terdapat di dalamnya berfungsi sebagai antibody dan sangat baik untuk mengobati amandel.

  1. Bawang Merah

Bawang merah sudah pasti sangat mudah ditemukan. Sifat anti inflamasi yang terdapat dalam bawang merah mampu meredakan rasa panas dan peradangan.  Cara menghilangkan amandel dengan bawang merah yaitu dengan hanya dikupas lalu dikunyah dan langsung ditelan. Namun bagi yang tidak suka memang rasanya tidak enak.

  1. Daun Benalu

Benalu dapat menyembuhkan peradangan pada bagian amandel. Caranya adalah dengan menumbuk daun benalu ditambah dengan adas pulo waras kemudian seduh dengan air panas. Mengkonsumsi ramuan tersebut juga baik untuk menyembuhkan sakit amandel.

  1. Buah Nanas

Buah nanas memang dipercaya untuk mengobati amandel.

5. Obat 

Ada berbagai jenis obat amandel yang beredar di pasaran. Sebaiknya anda memberikan obat yang terbuat dari bahan alami seperti Madu Antariksa. Obat          tersebut sangat efektif dan aman untuk dikonsumsi.

 

Itulah penyebab amandel dan cara mengobatinya. Semoga informasi di atas bemanfaat ya 😊

4 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat