Menjaga Kesehatan Anak Usia 1-2 Tahun

Menjaga Kesehatan Anak Usia 1-2 Tahun

anak sehat
anak usia 1-2 tahun

Anak sehat dan gemuk tentu menjadi dambaan para orang tua. Anak usia 1-2 tahun adalah tahap dimana ia mulai belajar berjalan dan berbicara. Pada usia tersebut biasanya anak mulai sulit untuk makan. Ia akan menyukai hal2 yang baru. Bukan hanya kegiatan, tapi ia juga akan mecoba mengenali dan memakan beragam jenis makanan yang belum tentu baik bagi kesehatannya.  Anak kecil memang rentan terhadap serangan penyakit. Maka dari itu kita juga harus memperhatikan agar kesehatannya selalu terjaga. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan anak,

Cara Menjaga Anak Agar Sehat dan Gemuk

makanan sehat
anak sehat dan gemuk
  1. Memberikan makanan sehat

Ada banyak makanan sehat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak seperti susu, buah-buahan, sayur dan biskuit. Jangan berikan anak keripik atau makanan keras yang lainnya. Jika anda ingin memberikan buah dengan cara dipotong-potong lebih baik ukurannya tidak terlalu besar agar anak mudah memasukkannya ke dalam mulut. Jangan berikan anak dengan camilan sperti ciki, pemen, popcorn dan kacang. Karena anak usia 1-2 tahun itu masih belajar untuk memakan. Jadi berikan makanan yang mudah untuk dimakan serta memiliki khasiat yang baik bagi anak. Jika anda ingin memberikan camilan lebih baik berikan camilan berupa buah-buahan segar dan biskuit.

  1. Lakuakan Imunisasi

Melakukan imunisasi sangat penting untuk meningkatkan imunitas anak.  Imunisasi bertujuan untuk mendapatkan kekebalan dari suatu penyakit dengan cara memasukkan bibit kuman yang telah dilemahkan atau dimatikan ke dalam tubuh. Sehingga pada saat tertentu tubuh akan membuat zat antibodi untuk melawan penyakit tertentu. Maka dari itu, imunisasi sangat dianjurkan mengingat manfaatnya bagi tubuh. Sebagai orang tua yang bijak anatarkan anak untuk imunisasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

  1. Bermain dan belajar

Ajak anak untuk bermain, bukan hanya sekedar bermain tapi berikan permainan yang bukan hanya menyenangkan tapi juga dapat mengasah kemampuan motoriknya. Berikan permainan yang memiliki bunyi-bunyian seperti bermain mini drumb/alat musik, memasukkan pasir ke dalam botol dll. Sehingga anak juga dapat belajar untuk mengenal bunyi-bunyian dari benda tersebut.

  1. Ajarkan anak untuk menjaga kebersihan

Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan itu sangat penting agar menjadi kebiasaan hingga suatu saat ia dewasa. Untuk mengajari anak menjaga kebersihan mulailah dari hal2 kecil seperti cuci tangan sebelum makan dan memotong kuku. Ini bertujuan untuk menjaga anak anak terhindar dari beragam penyakit. Banyak penyakit yang terjadi ketika anak makan dengan tangan kotor. Karena tangan yang kotor terkadang mengandung banyak kuman yang tidak baik untuk kesehatan. Bukan hanya itu saja terkadang pada tangan yang kotor mengandung telur cacing yang bisa menyebabkan cacingan.

  1. Tidur dengan teratur

Anak usia 1-2 tahun membutuhkan waktu tidur 11-14 jam sehari. Tidur yang cukup dapat membantu tubuh anak untuk menangkal penyakit, mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan, serta membuat daya piker dan daya ingatnya lebih baik. Maka dari itu tidur siang juga diperlukan agar waktu istirahatnya bisa terpenuhi.

  1. Jangan larang anak untuk melakukan apapun yang ia suka

Anak usia 1-2 tahun adalah masa paling penting . Dimana ia mulai belajar bicara dan berjalan. Selain itu dia juga sangat menyukai hal2 baru. Biarkan ia melakukan apapun asalkan itu aman dan baik untuknya. Biarkan ia berekspresi dengan segala imajinasi yang ada dalam pikirannya. Jangan lupa selalu diawasi karena anak usia 1-2 tahun masih membutuhkan pengawasan lebih. Berikan pemahaman-pemahaman yang baik dan ajarkan tata cara yang baik.

  1. Ajak anak berjalan2 di pagi hari
    anak ceria

Mengajak anak berjalan-jalan dipagi hari sangat baik untuk menguatkan kakinya. Anak usia 1-2 tahun sangat suka untuk diajak berjalan-jalan. Karena anak usia tersebut masih belajar untuk berjalan jadi pelan-pelan dan hati2 melatihnya. Selain itu berjalan-jalan membuatnya bertemu dengan banyak orang terutama tetangga sekitar. Sehingga anak juga akan belajar untuk berinteraksi dengan banyak orang.

  1. Berikan vitamin

Vitamin sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Vitamin yang baik adalah vitamin yang alami. Vitamin alami diperoleh dari mankanan yang ia konsumsi buah, sayur, daging dll. Tetapi terkadang anak mulai suka untuk menolak makanan atau susah makan. Untuk mengatasi hal tersebut anda juga bisa memberinya madu gemuk anak untuk meningkatkan nafsu makan anak.

READ  Penyebab Anak Kurus dan Cara Menggemukkan Badannya

Itulah beragam cara untuk menjaga kesehatan anak usia 1-2 tahun. Anak usia tersebut masih membutuhkan perhatian yang lebih. Karena pada usia tersebut anak baru belajar untuk berjalan dan berbicara. Ajarkan anak untuk mengatakan sesuatu atau ceritakan sesuatu kepada anak agar ia mengetahui banyak hal dan lebih banyak kata-kata yang akan ia pahami.

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat